Selasa, 08 Mei 2012

Penerapan Seiri, Seiton, Sheisho, Seiketsu dan Shitsuke

Mungkin sebagian dari teman-teman kurang begitu mengerti dengan judul diatas, tapi kemarin saya mendapatkan tugas dari mata kuliah sistem penjaminan dan pengendalian kualitas  untuk membuat sebuah artikel tentang penerapan 5S dalam kehidupan sehari-hari. karena menurut saya sayang apabila hanya menjadi sebuah artikel yang di kumpulkan ke dosen saja, mungkin sebaiknya saya berbagi apa yang sedikit mengerti. 





5 S (Seiri, Seiton, Sheisho, Seiketsu dan Shitsuke ) adalah sebuah filosofi yang berasal dari negara Jepang, filosofi ini berfokus pada pengefektifan tempat kerja, memprosedurkan standar, mensederhanakan lingkungan kerja, mengurangi limbah yang tidak mempunyai nilai dalam kegiatan, sambil meningkatkan efisiensi dan kualitas. Kalau disederhanakan program terstruktur untuk meningkatkan kebersihan dan stadarisasi di tempat kerja.


bingungkan ya? | sama. hehehe

nah coba deh ditelaah tugas saya, siapa tau bisa membantu tapi ini belum tentu benar pasti ada kekurangannya jadi mohon dibaca baik-baik ya. :)







Penerapan 5S dalam Merapihkan Tumpukan Koran / Surat Kabar dengan Membuat Klipingan Koran


Hampir setiap hari saya, membeli koran dalam perjalanan saya ke kampus. Koran / Surat Kabar tersebut saya beli karena saya menginginkan informasi yang ada di dalamnya, walaupun saya bisa membaca secara online, tapi saya tetap lebih nyaman membaca langsung di Koran / Surat Kabar. Ada beberapa merek Koran / Surat Kabar yang saya suka saya beli seperti Kompas, Seputar Indonesia dan Tempo. Merek Koran / Surat Kabar tersebut mempunyai artikel yang beragam, yang bisa saya saya gunakan sebagai tambahan wawasan ataupun sebagai hiburan saya dalam perjalanan. 

Kadang dalam Koran / Surat Kabar tersebut saya menemukan artikel yang saya suka ataupun menurut saya berguna sebagai tambahan bahan kuliah dengan begitu seringkali Surat kabar tersebut saya bawa ke rumah, dan akhirnya menumpuk di rumah. Karena banyaknya Koran / Surat Kabar yang menumpuk di rumah, Ibu saya seringkali ingin membuangnya karena membuat tampak berantakan, namun ketika dia mau membuangya selalu saya larang karena ada informasi berharga di dalamnya. Namun karena tumpukan Surat Kabar membuat tampak berantakan saya mempunyai ide mengumpulkan artikel penting yang ada di dalamnya menjadi sebuah kliping yang disusun dalam sebuah tempat sehingga tampak rapi dan membuat mudah dicari.

Dengan menjadikan Koran / Surat Kabar ini menjadi sebuah sebuah klipingan koran menurut saya menjadikan Koran / Surat Kabar itu lebih bermanfaat, dan juga bisa menambah jumlah koleksi bacaan saya. 



Selanjutnya saya akan menggunakan 5S untuk mentransformasi tumpukan Koran/Surat Kabar tersebut menjadi klipingan Koran/Surat Kabar yang lebih rapi dan mudah untuk di cari. 

1. Seiri – Sort – Ringkas 

Pada bagian ini kita diminta untuk menyisihkan barang yang tidak perlu, dalam kasus saya, saya memilih artikel yang menarik dan berguna dan memisahkan dengan artikel yang saya akan buang. 

2. Seiton – Set – Rapi 

Pada bagian kedua ini kita menyusun barang – barang yang telah dipilih, agar mudah ditemukan dan mudah di cari. Dalam kasus saya, saya membagi artikel-artikel yang telah saya pilih ke dalam 4 tema, yaitu : 



Setelah memisahkan semua artikel berdasarkan tema tersebut, kita perlu memeriksa kembali setiap potongan artikel tersebut sebelum di rekatkan pada kertas. 

(bagian pemisahan artikel ini, ada beberapa jenis artikel yang saya ingin tambahkan seperti artikel tentang artikel umum, seperti tentang motivasi, cara pandang dan lain-lain, namun saya masih bingung menkatagorikannya, ada ide? :p) 

3. Sheisho – Shining – Bersih 

Pada bagian ini adalah membersihkan dengan teratur supaya tidak ada bagian ada bagian yang kotor. Pada kasus saya ada dua hal yang harus di perhatikan dalam bagian ini yaitu, 


4. Seiketsu – Standard – Rawat 

Pada dasarnya Standard / Rawat bermakna menjaga sesuatu agar tetap terjaga keutuhannya. Pada kasus saya, Artikel Koran/Surat kabar tersebut harus terjaga dan juga tidak mudah sobek dan tidak tercampur dengan artikel lain, maka saya melakukan ini.

5. Shitsuke – Sustain – Rajin 

Pada dasarnya Sustain / Rajin bermakna mengajak untuk disiplin merawat agar tetap terjaga kondisi seperti semula. Pada kasus ini saya memilih untuk membuat slogan yang dapat menyampaikan pesan kepada semua orang untuk menjaga agar binder berisi klipingan ini tetap terjaga dengan baik. 



Kesimpulan 

Setelah merapikan Koran/Surat Kabar tersebut menjadi klipingan koran, saya bisa meminta ibu saya membuang/menjual bagian yang tidak terpakai dan bisa menjadikan tempat yang asalnya menjadi tempat menyimpan Koran/Surat Kabar tersebut menjadi tempat barang lain yang lebih produktif. 

Selain itu saya juga, dapat lebih mudah menyimpan potongan kliping tersebut di binder dan dapat menyimpannya di lemari buku saya dan menjadikannya salah satu koleksi bacaan saya. Ternyata dengan menerapkan 5S dalam kehidupan sehari-hari dapat memudahkan kita dan memberikan keuntungan yang lebih banyak.



itulah sedikit artikel saya tentang 5S, dengan adanya tugas ini saya bisa mengimplementasikan 5S dikehidupan sehari-hari, tapi buat teman-teman yang bingung bisa googling tentang 5S. hehe

sekian dari saya, terimakasih. Hehe

-------------------------------------------------------------------------------

Catatan Kecil:

Tugas saya belum tentulah yang terbaik, mungkin bisa mengoogling penerapan 5S yang terbaik. :D

-------------------------------------------------------------------------------

7 komentar:

  1. ga mudeng nih,. haha

    BalasHapus
  2. sorry bang otak saya kaku hehehehe :D :D tapi keren kok postingannya

    BalasHapus
  3. faizal, fiaz & widiana : ternyata bener yang ga ngerti bukan cuma gw doang. -___-"

    BalasHapus
  4. mantap.. berbagi pencerahan dan terkadang ini tidak banyak terpikirkan..

    nice..
    Mengundang
    Kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit

    Salam Bahagia

    BalasHapus
  5. bermanfaat banget 5S.nya thanks

    BalasHapus

Tolong Komentar ya.. :D